Storykota Yogyakarta

Cerita-cerita seru dari Jogja/Yogyakarta

Tempat-tempat unik di Jogja, Seru dan Menarik

Mengunjungi tempat-tempat unik di Yogyakarta memang menarik. Tempat-tempat seperti Langgar Dhuwur, Warung Marhaen, Omah Kalang, Candi Ijo, atau Rumah Pohon memang menjanjikan sesuatu yang berbeda dan tidak ada duanya.

Kotagede adalah salah satu kawasan di Jogja yang mempunyai banyak tempat-tempat unik. Langgar Dhuwur yang berada di kawasan Buharen, Kotagede, merupakan bangunan langgar tua yang terletak di atas pagar rumah keliling yang tinggi. Rumah itu sendiri milik bapak Charis Zubair, seorang pemerhati dan pelestari budaya.

Di daerah bagian selatan Kotagede terdapat warung makan jadul yang bernama Warung Sida Semi. Warung  ini masih setia dengan bangunan, dekorasi, dan kelengkapan warung  khas tempo dulu. Menu yang disajikan juga bernuansa tempo dulu seperti es kacang ijo. Meski jadul namun Warung Sida Semi mempunyai taste tersendiri.

Masih di Kotagede, Omah Kalang adalah  tujuan berikutnya. Dahulu, orang Kalang yang konon memiliki tulang ekor lebih panjang dari pada orang kebanyakan, memang dikenal sebagai orang-orang yang kaya. Tidak mengherankan apabila rumah-rumahnya merupakan rumah yang megah pada masanya. Hingga kini kebesaran rumah Kalang masih dapat dinikmati, bahakn tidak jarang digunakan sebagai setting pengambilan gambar atau video klip seperti pada lagu "Yogyakarta" karya KLA Project.

Keraton Yogyakarta tidak ketinggalan menyumbangkan bangunan-bangunan uniknya. Di sebelah timur bangsal Kencana terdapat Bangsal Musik, sebuah bangunan mirip gazebo bersegi delapan. Pada bagian atas bangunan terdapat hiasan kaca bertema musik dengan gambar alat-alat musik. Bangunan ini dicat dengan warna-warna yang menarik.

Di dekat Bangsal Musik terdapat Bangsal Sarangbaya, yaitu tempat yang dahulu digunakan oleh orang-orang Belanda minum-minuman keras. Sarangbaya sendiri berarti tempat yang berbahaya, sehingga di tempat ini hanya orang Belanda saja yang boleh masuk. Di tempat ini masih dapat dilihat botol-botol minuman keras dengan bentuk-bentuk yang unik.

Tempat unik lainnya adalah Gaok, yaitu sirine yang pada masa penjajahan Jepang digunakan sebagai tanda peringatan adanya serangan udara. Salah satu gaok yang tersisa terdapat di selatan Pasar Beringhardjo. Menurut cerita orang-orang tua, sirine Gaok dibunyikan untuk mengecoh rakyat Indonesia. Rakyat terlanjur bersembunyi, sementara tentara Jepang menjarah sepeda dan benda-benda berharga yang ditinggalkan oleh orang-orang yang takut bahaya serangan udara.

Tempat-tempat unik lain yang menarik dikunjungi antara lain, Rumah Telletubies. Rumah warga relokasi gempa  yang berbentuk seperti rumah-rumah orang eskimo, persis seperti rumah Telletubies. menarik juga untuk mengunjungi Rumah Pohon, rumah bambu dengan ketinggian lebih dari 5 lantai. Warung Marhaen yang penuh dengan semangat Bung Karno, Gereja Ganjuran dengan bangunan berbentuk candi, Masjid Saka Tunggal, Museum Ullen Sentalu, dan lain-lain.

Tempat-tempat unik tersebut menjadi tempat alternative berwisata di Jogja. Keunikannya akan memberikan pengetahuan menarik bagi yang mengunjunginya.

 
Memuat Rating, Harap Tunggu..
Masukkan rating anda

() Komentar untuk artikel / konten ini

Memuat Komentar, Harap Tunggu..

Event Terkini

Feb
01
Pesta Buku Jogja 2012
Pesta Buku Jogja 2012, Pameran Buku Terbesar di Jogja
Jan
31
Tribute To Jamrud, Purawisata Jogja
Tribute To Jamrud, Purawisata Jogja
Jan
29
Sport Day, Fun Bike & Senam Sehat Gardena-JEC
Sport Day, Fun Bike & Senam Sehat Gardena-JEC Jogja
Jan
29
Jogja Islamic Book Fair 2012
Pameran Buku Islam Terbesar & Terlengkap, Jogja Islamic Book Fair 2012
Jan
29
Barongsai di Carrefour Maguwo Jogja/Yogyakarta
Barongsai di Carrefour Maguwo Jogja/Yogyakarta

Event Reguler

Dendang Sabtu Malam
Dendang Sabtu Malam bersama OM New Satria, Dangdut Purawisata Jogja
Setiap Sabtu Malam Pukul 20:00
Macapat Syafaat
Macapat Syafaat Cak Nun & Kiai Kanjeng
Malam Sastra Purnama, Tembi
Sastra Bulan Purnama Membaca Sastra Mendengar Nurani, Rumah Budaya Tembi
In Dangdut Senin Malam
In Dangdut Senin Malam bersama OM Latanza, Dangdut Purawisata Jogja
Setiap Senin Malam Pukul 20:00
Dendang Sabtu Malam
Dendang Sabtu Malam bersama OM Latanza, Dangdut Purawisata Jogja
Setiap Sabtu Malam Pukul 20:00

Info-Info Menarik Lainnya

Handycraft

Handicraft dan Cinderamata khas Jogja/Yogyakarta

Kesenian dan Tradisi

Kesenian dan Tradisi Menarik di Jogja/Yogyakarta

Hiburan Keluarga

Hiburan Untuk Keluarga di Jogja/Yogyakarta

Perawatan

Tempat-tempat perawatan kecantikan dan kesehatan